labang@bangkalankab.go.id
Labang,Kab Bangkalan,Jawa Timur 69163
blog-img
15/10/2019

Pelatihan Kepala Rumah Tangga Perempuan Kecamatan Labang

Rizky Sentro Mahardy | Penyuluhan

Pelatihan Kepala Rumah Tangga Perempuan atau disingkat dengan (KTRP) adalah pelatihan yang diperuntukan untuk masyarakat  terutama perempuan.acara ini di selenggarakan untung mengatasi penanggulangan feminisasi kemiskinan.

kondisi ekonomi yang terpuruk sekarang ini menyebabkan semakin menguatnya 'feminisasi kemiskinan', yakni kemiskinan didentikkan dengan wajah perempuan karena adanya sebuah kenyataan bahwa sebagian besar angka kemiskinan diisi oleh perempuan.

“Lebih dari separo penduduk miskin di negara berkembang adalah perempuan, termasuk dalam hal ini di Indonesia,” kata Dr Partini dalam Diskusi “Potret Buram Perempuan Pedesaan”

Diakui oleh Partini, sebanyak 17 persen rumah tangga di Indonesia dikepalai oleh perempuan. Berdasarkan tingkat umur, jumlah kepala rumah tangga perempuan yang berumur 20-30 tahun sebesar 8 persen, umur 31-40 tahun 19 persen, umur 41-50 tahun 29 persen, umur 51-60 tahun 23 persen dan di atas 60 tahun 19 persen.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Kami mendesak Pemerintah untuk:

1. Merumuskan ulang pengertian (definisi) kemiskinan dan mengintegrasikan pengalaman perempuan miskin dalam pengertian baru tersebut.

2. Merumuskan kebijakan Perlindungan Sosial secara komprehensif yang berkeadilan sosial dan berkadilan gender, inklusif dan transformatif , didukung oleh kebijakan dan alokasi anggaran yang memadai.

3. Meningkatkan jumlah, mutu dan keterjangkauan pelayanan public yang memberi affirmasi (perlakuan khusus sementara) menjamin akses perempuan miskin untuk menikmati pelayanan public tersebut, Melalui penghapusan kebijakan-kebijakan yang menopang privatisasi pelayanan publik

4. Menghapuskan produk-produk hukum yang mendiskriminasi perempuan dan kelompok marginal yang selama ini menjadi penghambat dan sumber ketimpangan yang dialami oleh perempuan di Indonesia

Populer